Sejarah Database Beserta Instalasi

Assalamualaikum.....


Pada kesempatan ini saya ingin membagi ilmu yang baru saya dapatkan disekolah dan sekaligus sebagai pemenuhan tugas sekolah semata.berikut uraiannya.

A. Sejarah Database
         
         Dasar-dasar pemodelan kumpulan data yang besar pertama kali diperkenalkan oleh Charles Bachman pada tahun 1969.Bachman memperkenalkan Diagram Struktur Data (DSDs) sebagai alat untuk merepresentasikan data secara grafis. DSDs menyediakan sarana untuk mewakili hubungan antara entitas data yang berbeda. Pada tahun 1970, Codd memperkenalkan konsep bahwa pengguna database seharusnya tidak mengetahui "inner pekerjaan" dari database.Codd mengusulkan "tampilan relasional" data yang kemudian berkembang menjadi Model Relasional yang sebagian besar database digunakan saat ini. Pada tahun 1971, Database Task Report Group of CODASYL (kekuatan pendorong di balik pengembangan bahasa pemrograman COBOL ) pertama kali mengajukan sebuah "bahasa deskripsi data untuk mendeskripsikan sebuah database, sebuah bahasa deskripsi data untuk menggambarkan bagian data base yang diketahui. program, dan bahasa manipulasi data.Sebagian besar penelitian dan pengembangan database berfokus pada model relasional selama tahun 1970an.


        Pada tahun 1975 Bachman menunjukkan bagaimana model relasional dan struktur data set serupa dan cara "kongruen" untuk menyusun data saat bekerja untuk Honeywell .Model hubungan entitas pertama kali diusulkan dalam bentuknya saat ini oleh Peter Chen pada tahun 1976 saat ia melakukan penelitian di MIT .Model ini menjadi model yang paling sering digunakan untuk menggambarkan database relasional. Chen mampu mengajukan model yang lebih unggul dari model navigasi dan lebih sesuai dengan "dunia nyata" daripada model relasional yang diajukan oleh Codd.jika ingin informasi lebih lanjut,bisa kunjungi wikipedia.org.

B.Instalasi SQL Server 2014 di Windows 7

Sebelum anda melakukan instalasi,persiapkan bahan bahan untuk instalasi sql server 2014

  • cari tahu oprasi sistem yang anda gunakan versi berapa misal win 7 32bit / 64 bit
  • pastikan sudah terinstall Net Framework 4.0,jika belum terinstall kemungkinan pada saat instalasi terjadi pesan error (kesalahan)
  • Download file yang akan digunakan untuk instalasi sql server 2014 di www.microsoft.com,(ingat harus sama dengan versi os yang anda gunakan (ket: x86 = 32bit. x64 = 64 bit))
  • Pilih dan klik ExpressAndTools 32BIT\SQLEXPRWT_X86_ENU.exe pada os anda yang sudah anda download diwebsite resmi.
  • perhatikan juga sistem requitment yang berisi tentang standar spesifikasi yang dapat melakukan instalasi sqlnya (jika diminta login untuk download,maka anda harus membuat account).
langkah instalasi :

1. klik 2x aplikasi sqlnya yang anda download tadi pada folder penyimpanan


2. diminta folder hasil pemasangan apknya.by default C:\


3. tunggu untuk proses instalasi


4. selesai proses loadnya,diminta untuk memilih option yang ada,pilih saja New SQL Server Stand alone installation


5. Pilih Next dan setelah itu pada pilihan Licence Terms contreng I Accept the license terms dan Next. Pada pilihan Feature Selection biasanya akan otomatis tercontreng default. Pada form Instance Configuration pilih saja Default Instance. Pada form Database Engine Configuration pilih Windows authentication mode.
6. klik tombol berlogo win,lalu pilih SQL Server 2014 Management Studio,dan akan ditampilkan login awal
7. klik tombol connect pada tampilan login sqlnya


8. jika instalasi berhasil akan muncul tampilan seperti berikut



C. Referensi
       Terimakasih telah membaca dan mengikuti tutorial diatas,semoga bermanfaat dan berhasil,mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikkan.

Wassalamualaikum...................
Previous
Next Post »

Kontributor