Mengamankan Jaringan Dengan ARP ( Address Resolution Protokol ) DiMikroTik RB941-2nD hAP-lite

Assalamualaikum.........................

Selamat Siang semuanya,pada kesempatan ini saya akan membagi ilmu sekaligus tutorial, banyak tool-tool diMikroTIk RouterOS yang bisa anda manfaatkan salah satunya ARP.pada kesempatan ini saya akan membahas tentang meningkatkan Jaringan dengan menggunakan tool MikroTIk.

A. Pengertian

Address Resolution Protocol (ARP) adalah telekomunikasi protokol yang digunakan untuk resolusi lapisan Internet alamat ke link layer alamat, fungsi penting dalam jaringan komputer . ARP didefinisikan oleh RFC 826 pada tahun 1982, adalah Internet Standard STD 37, dan juga nama dari program untuk memanipulasi alamat ini di sebagian besar sistem operasi .
 
ARP digunakan untuk memetakan alamat jaringan (misalnya alamat IPv4 ) ke alamat fisik seperti alamat Ethernet (juga bernama alamat MAC). ARP telah dilaksanakan dengan banyak kombinasi jaringan dan lapisan data link teknologi, seperti IPv4 , Chaosnet , DECnet dan Xerox PARC Universal Packet (PUP) menggunakan IEEE 802 standar, FDDI , X.25 , Frame Relay dan Asynchronous Transfer Mode (ATM). IPv4 lebih IEEE 802.3 dan IEEE 802.11 adalah penggunaan yang paling umum.

B. Latar Belakang

bandwith yang besar akan memotivasi seseorang untuk terhubung ke jaringan tersebut,apapun caranya.

C. Maksud dan Tujuan

untuk menangkal hal tersebut mikrotik menyediakan tool yang bernama ARP untuk memanagement bandwith sesuai dengan kebutuhan,menambah keamanan jaringan,dan tidak semabarang client yang bisa menggunakan ip yang sudah terdaftar.

D. Alat dan Bahan
  • MikroTik RB941-2nD hAP-lite
  • pc client (min 2)
  • Kabel dan Konektor
  • winbox v3.7
E. Jangka Waktu Pelaksanaan

waktu untuk melakukan konfigurasi sekitar 10 menit

F. Tahap Pelaksanaan


1. masuk ke system router menggunakan winbox
2. beri ip address pada masing-masing interface di IP > Address ,disini saya menggunakan eth2 dan eth3.






ip address permasing-masing eth :

eth2 : 192.168.23.0/29
eth3 : 172.20.34.0/29
3. setelah memberi ip permasing-masing eth.lanjut ke tahap konfigurasi ARP.pilih menu IP > ARP,pada page ini kita dapat mendaftarkan ip dan mac address agar tidak semua client bisa terhubung ke jaringan dan hanya client tertentu.untuk menambahkannya klik tanda " + ".isi kolom dengan Valid.


 



ket :
IP address : ip yang akan dialokasikan untuk client
Mac Address : mac address/nomor unik disetiap interface,masukkan sesuai dengan client yang ingin dialokasikan pada ip diatas
Interface : masukkan interface yang sesuai dengan jaringan dari ip diatas
4. pindah ke menu IP > Address,pilih pada interface local,dan ubahlah pada bagian ARP menjadi reply-only.pada kondisi ini interface Router hanya akan merespon request client dengan kombinasi ip address dan mac address yang sesuai dengan tabel ARP yang kita buat,tanpa menambahkan entri ARP secara otomatis.


5. dikasus ini saya sudah menambahkan mac address(3c:97:0e:1c:c7:e9) saya ke jaringan yang mengacu pada eth2(192.168.23.4).
6. dalam tahap pengecekkan,pertama saya koneksikan pc saya dahulu ke jaringan yang saya daftarkan tadi di eth2,ip saya 192.168.23.4,tes ping ke gateway(192.168.23.1)


7. dalam pengecekan diatas berhasil karena mac address saya terdaftar ditabel ARP  dengan ip.selanjutnya saya coba koneksikan ke jaringan yang satu(eth3)yang sudah saya konfigurasi,ip client 172.20.34.3 dengan mac address teman saya.ping ke gateway(172.20.34.1)


8. ternyata berhasil,terlihat pada gambar diatas ping ke gateway tidak berhasil,menandakan mac address dari ip yang saya gunakan tidak valid dari tabel ARP.

G. Kesimpulan

dalam kasus ini kita dapat implementasikan di dunia industri/kerja,contohnya ada karyawan dan manajer,dalam pembagian bandwith internet terdapat selisih antara karyawan dan manajer, pada manajer mendapatkan bandwith lebih besar dibandingkan dengan karyawan,ada salah satu karyawan yang ingin mengganti ip milik manajer akan tetapi ip tersebut tidak untuk dia,sehingga karyawan tersebut tidak dapat mengakses internet.

H. Referensi
terimakasih telah membaca dan mengikuti tutorial diatas,semoga bermanfaat dan berhasil dalam konfigurasi.mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam Pengetikkan.

Wassalamualaikum......................
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
ardi wajendra
AUTHOR
21 Maret 2022 pukul 22.26 delete

joss bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan saya

Reply
avatar

Kontributor