basic untuk keselamatan dan kesehatan kerja /K3

assalamualaikum.........

A. pengertian

keselamatan dan kesehatan kerja adalah bidang yang terkait dengan kesehatan dan keselamatan dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah perusahaan ataupun area kerja


B. latar belakang

untuk sharing ilmu agar mengurangi angka resiko kecelakaan ditempat kerja,dan karena banyaknya angka kecelakaan kerja dan kurangnya ilmu tentang k3

C. tujuan

untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja dan mengurangi angka keselamatan kerja


D. alat dan bahan

-Earplug (penutup telinga)
-helm
-apar (tabung pemadam kebakaran )













-dan masih banyak lagi yang tidak bisa saya sebutin satu persatu

E. pelaksanaan

-earplug
penggunaan eraplug sangat lah mudah tapi perlu diwaspadai cara menggunakannya,jika tidak tertutp rapat maka suara yang keras bisa masuk di telinga kita,tapi jika terlalu dalam memasukan ke dalam telinga akan merusak sistem dalam telinga.dan fungsinya untuk mencegah polusi suara yang diakibatkan oleh suara yang keras.
-helm

  helm adalah bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan dikepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainya seperti kevlar,serat resin,atau plastik.
helm biasanya digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran (militer),atau aktivitas sipil seperti olahraga ,pertambangan,atau berkendara.helm dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagaian dari kepala (tergantung pada rangkanya)dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.
dibeberapa negara,helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor,bahkan ada yang mewajibkan bagi pengendara sepeda onthel.di inggris hanya penganut sikh yang diperbolehkan tidak memakai helm karena harus memakai turban.
-apar
Alat Pemadam Api Ringan (Fire Extinguisher) yang biasanya disingkat dengan APAR adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran kecil. Alat Pemadam Api Ringan (APAR) pada umumnya berbentuk tabung yang diisikan dengan bahan pemadam api yang bertekanan tinggi. Dalam hal Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), APAR merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap Perusahaan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pekerja dan asset perusahaannya.
 jenis-jenis apar yang saya ketahui ada 4,berikut beberapa jenis-jenis apar :

1.apar air/water
ini digunakan untuk kebakaran kelas A,C
2.apar busa/foam(afff)
ini digunakan untuk kebakaran kelas A,B
3.apar serbuk kimia (dry chemical powder)
ini digunakana untuk kebakaran kelas A,B,C
4.apar karbon dioksida(CO2)
ini digunakan untuk kebakaran kelas B,C



PENGELOMPOKAN KEBAKARAN

Pengelompokkan kebakaran menurut peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 04/MEN/1980 Bab I Pasal 2, ayat 1 mengkalisikasikan kebakaran menjadi 4 yaitu katagori A,B,C,D. Sedangkan National Fire Protection Association (NFPA) menetapkan 5 katagori jenis penyebab kebakaran, yaitu kelas A, B, C, D dan K. Bahkan beberapa Negara menetapkan tambahan klasikasi dengan kelas E.
Klasifikasi tersebut adalah sebagai berikut :
1.Kebakaran Klas A
Adalah kebakaran yang menyangkut benda-benda padat kecuali logam. Contoh : Kebakaran kayu, kertas, kain, plastik, dsb.
Alat/media pemadam yang tepat untuk memadamkan kebakaran klas ini adalah dengan : pasir, tanah/lumpur, tepung pemadam, foam (busa) dan air .
2.Kebakaran Klas B
Kebakaran bahan bakar cair atau gas yang mudah terbakar.
Contoh : Kerosine, solar, premium (bensin), LPG/LNG, minyak goreng.
Alat pemadam yang dapat dipergunakan pada kebakaran tersebut adalah Tepung pemadam (dry powder), busa (foam), air dalam bentuk spray/kabut yang halus.
3.Kebakaran Klas C
Kebakaran instalasi listrik bertegangan. Seperti : Breaker listrik dan alat rumah tangga lainnya yang menggunakan listrik.
Alat Pemadam yang dipergunakan adalah : Carbondioxyda (CO2), tepung kering (dry chemical). Dalam pemadaman ini dilarang menggunakan media air.
4.Kebakaran Klas D
Kebakaran pada benda-benda logam padat seperti : magnesum, alumunium, natrium, kalium, dsb.
Alat pemadam yang dipergunakan adalah : pasir halus dan kering, dry powder khusus.
5.Kebakaran Klas K
kebakaran yang disebabkan oleh bahan akibat konsentrasi lemak yang tinggi. Kebakaran jenis ini banyak terjadi di dapur. Api yang timbul didapur dapat dikategorikan pada api Klas B.
6.Kebakaran kelas E
Kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek pada peralatan elektronik. Alat pemadam yang bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran jenis ini dapat juga menggunakan tepung kimia kering (dry powder), akan tetapi memiliki resiko kerusakan peralatan elektronik, karena dry powder mempunyai sifat lengket. Lebih cocok menggunakan pemadam api berbahan clean agent


F. kesimpulan

jadi untuk menggunakan peralatan kerja harus hati-hati dan mengikuti sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

G. referensi

http://www.safetysign.co.id
wikipedia.org
https://qhsepromotions.com

trimakasi telah membaca artikel saya jika ada kesalahan mohon dimaafkan..
wassalamualaikum..........................
Previous
Next Post »

Kontributor