Penjelasan dasar-dasar MikroTik pada jaringan komputer

Assalamualaikum...................


hari ini saya akan menjelaskan dasar-dasar MikroTik,oke langsung saja ke pemaparannya.

A. Pengertian

pengertian yang saya ketahui tentang MikroTik adalah berasal dari kata "Mikro" berarti kecil ,"Tik" berarti jaringan jadi yang saya mengerti dalam pengertian tadi adalah MikroTik : jaringan yang ruang lingkupnya kecil/terbatas/local.

B. Latar Belakang

untuk memperdalam ilmu dibagian mikrotik mulai dari dasar sebelum menginjak tahap selanjutnya.


C. Tujuan

di era modern seperti sekarang ini banyak perusahaan mulai dari yang kecil ,menengah ,hingga besar membutuhkan jaringan,oleh karna itu kita haru mendalami apa itu mikrotik mulai dari dasar.


D. Penjelasan

ada 2 type MikroTik, a.MikroTik Routerboard b.MikroTik Router OS,

1.Startup pada MikroTik Routerboard

hal yang pertama kali harus dilakukan adalah bagaimana cara mengkoneksikan atau menghubungkan MikroTik dengan pc kita agar saling berkomunikasi.ada bebera cara yang bisa digunakan untuk mengkoneksikan 2 device tersebut.
a.menggunakan command line interface (CLI) basis yang digunakan adalah text
b.menggunakan GUI berbasis webFig dengan mode tampilan
c.menggunakan WinBox utilitas konfigurasi

A.WinBox





pada saat kita ingin masuk ke sistem konfigurasinya,ada beberapa hal yang harus diperhatikan

a.cek dulu koneksi ke ethernet ,apakah sudah connect atau belum,(osi layer)
b.atur dulu mac addressnya dengan langkah sebagai berikut :


c.dan atur juga ip address-nya,default 192.168.88.1
d.buka winbox,masuk dengan username : admin passwords : (tidak ada)

B.CLI

Command Line Interface (CLI) memungkinkan konfigurasi pengaturan router menggunakan perintah teks. Karena ada banyak perintah yang tersedia, mereka dibagi menjadi kelompok-kelompok yang terorganisir dalam cara tingkat menu hirarkis. Ikuti konsol pengguna untuk sintaks CLI dan perintah.
Ada beberapa cara bagaimana untuk mengakses CLI:
  • terminal winbox
  • telnet
  • ssh
  • kabel serial dll
 C.WebFig



Jika Anda memiliki router dengan konfigurasi default, maka alamat IP dari router dapat digunakan untuk menghubungkan ke antarmuka Web. WebFig memiliki hampir fungsi konfigurasi yang sama dengan WinBox.

2.Istilah Istilah yang ada pada MikroTik

A.Bonding

 Bonding adalah teknologi yang memungkinkan agregasi dari beberapa interface ethernet seperti menjadi link virtual tunggal, sehingga mendapatkan data yang lebih tinggi dan menyediakan failover. 

B.Jembatan (Bridge)

jaringan Ethernet-seperti (Ethernet, Ethernet over IP, IEEE802.11 di ap-bridge atau modus jembatan, WDS, VLAN) dapat dihubungkan bersama-sama menggunakan MAC jembatan. Fitur jembatan memungkinkan interkoneksi host terhubung ke LAN yang terpisah (menggunakan EoIP, jaringan didistribusikan secara geografis dapat dijembatani juga jika jenis IP interkoneksi jaringan ada di antara mereka) seolah-olah mereka melekat satu LAN. Sebagai jembatan yang transparan, mereka tidak muncul dalam daftar traceroute, dan tidak ada utilitas dapat membuat perbedaan antara tuan rumah bekerja di salah satu LAN dan sejumlah bekerja di LAN lain jika LAN ini dijembatani (tergantung pada cara LAN saling berhubungan, latency dan data rate antara host mungkin beragam).
 
Jaringan loop mungkin muncul (sengaja atau tidak) di topologi kompleks. Tanpa perlakuan khusus, loop akan mencegah jaringan dari berfungsi normal, karena mereka akan menyebabkan longsoran-seperti paket multiplikasi. Setiap jembatan menjalankan algoritma yang menghitung bagaimana loop dapat dicegah. STP dan RSTP memungkinkan jembatan untuk berkomunikasi satu sama lain, sehingga mereka dapat bernegosiasi topologi loop bebas. Semua koneksi alternatif lain yang dinyatakan akan membentuk loop, diletakkan ke standby, sehingga harus koneksi utama gagal, koneksi lain bisa mengambil tempatnya. Ini pesan konfigurasi bursa algoritma (BPDU - Jembatan Protokol Data Unit) secara berkala, sehingga semua jembatan diperbarui dengan informasi terbaru tentang perubahan topologi jaringan. (R) STP memilih jembatan akar yang bertanggung jawab untuk konfigurasi ulang jaringan, seperti memblokir dan membuka port pada jembatan lain. Jembatan akar adalah jembatan dengan ID jembatan terendah.

C.VLAN (Virtual LAN)

Area Network Virtual Local (VLAN) adalah Layer 2 metode yang memungkinkan beberapa Virtual LAN pada antarmuka fisik tunggal (ethernet, wireless, dll), memberikan kemampuan untuk memisahkan LAN secara efisien.
 
Anda dapat menggunakan MikroTik RouterOS (serta Cisco IOS, Linux dan sistem router lainnya) untuk menandai paket-paket ini serta untuk menerima dan rute yang ditandai yang.
Sebagai VLAN bekerja pada OSI Layer 2, dapat digunakan hanya sebagai antarmuka jaringan lain tanpa batasan. VLAN berhasil melewati jembatan Ethernet biasa.
Anda juga dapat mengangkut VLAN melalui link nirkabel dan menempatkan beberapa interface VLAN pada antarmuka nirkabel tunggal. Perhatikan bahwa sebagai VLAN bukanlah protokol terowongan penuh (yaitu, tidak memiliki ladang tambahan untuk mengangkut MAC address dari pengirim dan penerima), keterbatasan yang sama berlaku untuk menjembatani atas VLAN untuk menjembatani antarmuka nirkabel polos. Dengan kata lain, sementara klien nirkabel dapat berpartisipasi dalam VLAN memakai antarmuka nirkabel, tidaklah mungkin untuk memiliki VLAN memakai antarmuka nirkabel dalam modus stasiun dijembatani dengan antarmuka lain.
  

F. Referensi

wikipedia 

sekian dahulu pemaparan tentang dasar-dasar MikroTik pada jaringan komputer.jika ada kesalahan mohon dimaafkan......

wassalamualaikum..................................... 
 
 
 
Previous
Next Post »

Kontributor