Update Grub On Linux Mint 17.3

Assalamualaikum..................


Selamat pagi semua,sering kali jika kita menginstal ulang os dipc kita terjadi sesuatu,seperti grub loader tidak muncul,untuk mengatasi hal ini,saya ingin  membagi pengalaman saya,langsung ke pembahasan

A. Pengertian


Grub atau Grand Unified Bootloader adalah program kecil yang menampilkan pilihan sistem oprasi pada saat proses booting sehingga dalam satu perangkat komputer terdapat beberapa os.

B. Latar Belakang

sering pengguna linux amatir seperti saya,mengalami hal seperti itu,saya sudah mengalami hal semacam itu,salah satu os saya korup,dan dios itu terdapat grub loader untuk memilih os

C. Maksud dan Tujuan

agar os saya yang satu tidak ikut terhapus secara sia-sia

D. Alat dan Bahan

- dua os linux
- 1 pc / laptop
- bootable linux (untuk merestore grub)

E. Jangka Waktu Pelaksanaan

untuk melaksanakan update-grub hanya membutuhkan waktu 10 menit

F. Tahap Pelaksanaan

1. jalankan bootable linux yang sudah diburn,jalankan sebagai live cd (saran saya menggunakan os linux mint)
2. masuk ke terminal mode superuser
3. untuk mengetahui jenis partisinya ketikkan
mint mint# fdisk -l
4.lihat pada partisinya,pastikkan partisi tersebut sudah benar


5. mount partisi tersebut,dengan perintah
mint mint# mount /dev/sdb7 /mnt
6. jalankan perintah berikut :
mint mint# grub-install --root-directory /mnt /dev/sdb

7. lalu update grub :
mint mint# update-grub
8. reboot dan lepaskan bootablenya

G. Kesimpulan

dengan pengetahuan ini kita bisa tahu,bagaimana alur dari grub loader dilinux

H. Referensi
  • hartinny.blogspot.co.id

Terimakasih telah membaca dan mengikuti tutorial diatas,semoga bermanfaat dan berhasil,mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam pengetikkan.

Wassalamualaikum...................
Previous
Next Post »

Kontributor