How To Create Tables On Phpmyadmin

Assalamualaikum.............

apa kabar semuanya,kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu cara membuat tabel pada phpmyadmin.

A. pengertian
  
phpMyAdmin adalah perangkat lunak gratis yang ditulis dalam PHP , dimaksudkan untuk menangani administrasi MySQL melalui Web. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi pada MySQL dan MariaDB. operasi (mengelola database, tabel, kolom, hubungan, indeks, pengguna, perizinan, dll) dapat dilakukan melalui antarmuka pengguna yang sering digunakan, sementara Anda masih memiliki kemampuan untuk langsung mengeksekusi pernyataan SQL.

B. Tujuan

 untuk mempermudah penginputan data contoh data penduduk setempat,data pemilu.dan lain lain,menjadi lebih cepat dan efisien.
 
C. Alat dan Bahan

- server
- phpmyadmin (jika belum mengerti tentang instalasi phpmyadmin klik disini)

D. Langkah-Langkah

1.masuk ke phpmyadmin,pilih menu Database,ini berguna untuk pembuatan database/penyimpanan.


2.pada pada kolom pertama anda diminta untuk memasukkan judul dari pembuatan database,(tidak boleh ada space antar kata),lalu klik Create.


3.setelah itu anda pilih database yang telah anda buat sebelumnya.


4.input pada kolom Name,(tidak boleh ada space antar kata),ini bertujuan unuk pembuatan judul table yang akan kita buat nanti,masukkan juga jumlah kolom yang dibutuhkan. > Go.




5.pada stage ini,kita akan membuat tabelnya.


6.pada baris pertama menunjukkan menu.


7.baris ke-2 menunjukkan type input misal angka,huruf,dan angka-huruf.


8.baris ke-3 menunjukkan berapa satuan angka /huruf,misal : nama : umam = terdapat ada 4 huruf,begitu juga dengan angka misal : 1024 = terdapat 4 digit angka.itu semua tergantung kebutuhan.


9.pada baris ke-9,ini berguna untuk penomoran secara automatic dan berurutan dari pertama sampai terakhir.(tanpa kita masukkan pada saat penginputtan).


10.jika sudah selesai dalam pembuatan menu,klik Save.
11.masuk ke menu Insert untuk memasukkan data pada kolom yang telah dibuat tadi.






12.jelas sudah,terdapat beberapa kolom,dan kolom itu yang telah kalian buat sebelumnya,input datanya jika sudah.klik Go.ingat pada kolom nomor sengaja tidak saya isi karena untuk membuktikan apakah nomor terisi secara otomatis.



13.untuk mengecek hasil dari input kolom tadi klik menu Browser.terlihat jelas bahwa nomor sudah terisi dengan otomatis.



E. Referensi

www.phpmyadmin.net 

Trimakasih telah membaca artikel ini,semoga bermanfaat mohon maaf jika terdapat kesalahan.

Wassalamualaikum..........
Previous
Next Post »

Kontributor