Manajement proyek dan lain-lain


Assalamualaikum……….



Hari ini saya akan sedikit memaparkan kegiatan seharian saya di blc klaten diskusi bersama mbah suro dhemit…...langsung saja…

A. Ringkasan Materi

pada diskusi ini mbah memaparkan tentang kerja profesional,manajement proyek dibidang it & pendidikan...pada materi ini dikupas satu persatu…..tentang apa itu profesional,apa itu proyek,prinsip umum manajement proyek,pada saat kita mau mengerjakan proyek pasti ada PAOC,apa itu POAC(planning,organizing,actuating,controling).

B. Latar Belakang

pada masa sekarang semakin sulit untuk mencari pekerjaan yang sehati dengan kita,salah satu penyebab dari sulitnya mencari pekerjaan yaitu kurangnya pendidkan tentang management baik itu proyek,waktu,maupun yang lainya
 
C. Maksud dan Tujuan

dengan adanya gambaran tentang management dan kerja profesional,dapat memudahkan kita untuk masa depan yang lebih cerah nantinya

D. Tahap Penjelasan

1.kera profesional

a.pengertian

profesional berasal dari kata profesi,dalam bahasa Inggris "Profess", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".
Profesi juga sebagai pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada bidang hukum, kesehatan, keuangan, militer, teknik desainer, tenaga pendidik.
Seseorang yang berkompeten di suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walau demikian, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi.
b.ciri-ciri profesional

-menyelesaikan pekerjaan yang diemban dengan tepat waktu dan tidak menunda-nunda
-bertanggung jawab pada pekerjaan yang harus diselesaikan
-memiliki motivasi yang tinggi
-konseptual
-terbuka (bersedia menerima kritikan dari orang lain)
-dapat melakukan perbuatan terbaik walaupun pada hari itu juga adalah hari terburuk dan tidak membiarkan pekerjaan dilupakan begitu saja,bahkan bisa mendapatkan solusi pada permasalahan
-berinisiatif
-tidak sombong jika ada teman yang memerlukan bantuan entah dalam apaun

c.tips menjadi profesional

-menguasai konsep dasar
-memiliki rujukan atau referensi yang kuat
-memiliki rencana dan proker yang jelas
-memiliki tanggung jawab yang kuat
-berpengalaman dan menguasai di bidangnya
-berpegang teguh pada SOP,K3,dan ketentuan yang ada

2.proyek

a.pengertian

Proyek dalam bisnis dan ilmu pengetahuan biasanya didefinisikan sebagai sebuah usaha kolaboratif dan juga seringkali melibatkan penelitian atau desain, yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu . Proyek dapat juga didefinisikan sebagai usaha sementara,temporer, dan bukan permanen, yang memiliki sasaran khusus dengan waktu pelaksanaan yang tegas,Contoh proyek yang terkenal antara lain adalah Proyek Manhattan untuk pengembangan senjata nuklir pertama serta Program Apollo untuk mendaratkan manusia di bulan.

b.manajement proyek

Dalam manajemen proyek, proyek merupakan sebagai usaha sementara yang dilakukan untuk menciptakan produk layanan, unik atau hasil. Definisi yang lain adalah pengelolaan lingkungan yang dibuat untuk tujuan memberikan satu atau lebih produk bisnis sesuai dengan kasus bisnis tertentu. Tujuan proyek mendefinisikan status target pada akhir proyek, mencapai yang dianggap perlu untuk mencapai manfaat yang direncanakan. Mereka dapat dirumuskan sebagai kriteria SMART [6]: Spesifik, terukur (atau setidaknya dievaluasi) prestasi, Dapat dicapai (Achievable), realistis (mengingat kondisi saat sumber daya organisasi) dan Waktu yang ditentukan(dibatasi). Evaluasi (pengukuran) terjadi pada penutupan proyek. Namun seorang pengendali proyek (Project Control) pada kemajuan proyek harus perlu dilakukan dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Hal ini juga diperhatikan bahwa metode SMART adalah yang paling baik diterapkan untuk proyek-proyek inovasi.

Simpelnya manajement proyek telah dirumuskan dalam POAC(planning,organizing,actuating,controling)
pembahasan sebagai berikut :

1.Planning (perencanaan)

planning adalah merencanakan dengan sistimatis/terstruktur dengan mempersiapkan s esuatu untuk mencapai tujuan dan target tertentu.
Hal-hal yang harus diketahui pada saat planning :
  • pengamatan
  • permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia
  • mengartikan program-program kegiatan yang jelas
  • target waktu
2.organizing (pengorganisasian)

yang dimaksud organizing adalah sekelompok orang yang mengatur suatu kegiatan guna mencapai tujuan.
Dalam fungsi organizing, koordinasi merupakan mekanisme hubungan 

struktural maupun fungsional yang secara konsisten harus dijalankan. Koordinasi dapat dilakukan melalui mekanisme :

a.koordinasi vertikal (menggambarkan fungsi komando),
b.koordinasi horizontal (menggambarkan interaksi satu level); dan
c.koordinasi diagonal (menggambarkan interaksi berbeda level tapi di luar fungsi komando).

3.actuating (penggerakan)

dalam penggerakan ini sekelompok orang yang tergabung dalam suatu organisasi dan telah merencanakan,tibalah saatnya untuk mengimplementasikan atau kata lain pelaksanaan

4.controling (pengendalian)

setelah tahap ke-3 atau actuating tadi,adalah tahap controling dimana pada bagian ini harus melakukan pantauan atau pengecekan terhadap manajement proyek yang telah dikerjakan dan sudah berjalan.

Ruang lingkup kegiatan controlling mencakup pengawasan atas
seluruh aspek pelaksanaan rencana, antara lain adalah:
1.Produk pekerjaan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif
2.Seluruh sumber-sumber daya yang digunakan (manusia, uang ,
peralatan, bahan)
3.Prosedur dan cara kerjanya
4.Kebijaksanaan teknis yang diambil selama proses pencapaian
sasaran.

catatan : Controlling harus bersifat obyektif dan harus dapat menemukan fakta-
fakta tentang pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan berbagai
faktor yang mempengaruhinya. Rujukan untuk menilainya adalah
memperbandingkan antara rencana dan pelaksanaan, untuk
memahami kemungkinan terjadinya penyimpangan.

E. Kesimpulan

dengan adanya pembekalan dini tentang management dan kerja profesional ini,bisa membantu kita,akan gambaran masa depan

F. Referensi

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Profesional
sekian dulu artikel yang saya post ini,kurang lebihnya mohon maaf trimakasih telah membaca artikel ini.....

wassalamualaikum....................
Previous
Next Post »

Kontributor