Assalamualaikum……….
Hari ini saya akan
sedikit memaparkan kegiatan seharian saya di blc klaten diskusi
bersama mbah suro dhemit…...langsung saja…
A. Ringkasan
Materi
pada diskusi ini mbah memaparkan tentang kerja profesional,manajement
proyek dibidang it & pendidikan...pada materi ini dikupas satu
persatu…..tentang apa itu profesional,apa itu proyek,prinsip umum
manajement proyek,pada saat kita mau mengerjakan proyek pasti ada
PAOC,apa itu POAC(planning,organizing,actuating,controling).
B. Latar Belakang
pada masa sekarang semakin sulit untuk mencari pekerjaan yang sehati dengan kita,salah satu penyebab dari sulitnya mencari pekerjaan yaitu kurangnya pendidkan tentang management baik itu proyek,waktu,maupun yang lainya
C. Maksud dan Tujuan
dengan adanya gambaran tentang management dan kerja profesional,dapat memudahkan kita untuk masa depan yang lebih cerah nantinya
D. Tahap Penjelasan
1.kera profesional
a.pengertian
profesional berasal dari kata profesi,dalam bahasa Inggris "Profess",
yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan
suatu tugas khusus secara tetap/permanen".
Profesi juga sebagai pekerjaan
yang membutuhkan pelatihan
dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan
khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi
profesi, kode
etik, serta proses sertifikasi
dan lisensi yang
khusus untuk bidang profesi tersebut. Contoh profesi adalah pada
bidang hukum,
kesehatan,
keuangan,
militer, teknik
desainer, tenaga
pendidik.Seseorang yang berkompeten di suatu profesi tertentu, disebut profesional. Walau demikian, istilah profesional juga digunakan untuk suatu aktivitas yang menerima bayaran, sebagai lawan kata dari amatir. Contohnya adalah petinju profesional menerima bayaran untuk pertandingan tinju yang dilakukannya, sementara olahraga tinju sendiri umumnya tidak dianggap sebagai suatu profesi.
b.ciri-ciri profesional
-menyelesaikan pekerjaan yang diemban dengan tepat waktu dan tidak
menunda-nunda
-bertanggung jawab pada pekerjaan yang harus diselesaikan
-memiliki motivasi yang tinggi
-konseptual
-terbuka (bersedia menerima kritikan dari orang lain)
-dapat melakukan perbuatan terbaik walaupun pada hari itu juga adalah
hari terburuk dan tidak membiarkan pekerjaan dilupakan begitu
saja,bahkan bisa mendapatkan solusi pada permasalahan
-berinisiatif
-tidak sombong jika ada teman yang memerlukan bantuan entah dalam
apaun
c.tips menjadi profesional
-menguasai konsep dasar
-memiliki rujukan atau referensi yang kuat
-memiliki rencana dan proker yang jelas
-memiliki tanggung jawab yang kuat
-berpengalaman dan menguasai di bidangnya
-berpegang teguh pada SOP,K3,dan ketentuan yang ada
2.proyek
a.pengertian
Proyek dalam bisnis
dan ilmu
pengetahuan biasanya didefinisikan sebagai sebuah usaha
kolaboratif dan juga seringkali melibatkan penelitian
atau desain, yang
direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu .
Proyek dapat juga didefinisikan sebagai usaha sementara,temporer, dan
bukan permanen, yang memiliki sasaran
khusus dengan waktu
pelaksanaan yang tegas,Contoh proyek yang terkenal antara lain adalah Proyek
Manhattan untuk pengembangan senjata
nuklir pertama serta Program
Apollo untuk mendaratkan manusia di bulan.
b.manajement proyek
Dalam manajemen
proyek, proyek merupakan sebagai usaha sementara yang dilakukan
untuk menciptakan produk layanan, unik atau hasil.
Definisi yang lain adalah pengelolaan lingkungan yang dibuat untuk
tujuan memberikan satu atau lebih produk bisnis sesuai dengan kasus
bisnis tertentu. Tujuan proyek mendefinisikan status target pada
akhir proyek, mencapai yang dianggap perlu untuk mencapai manfaat
yang direncanakan. Mereka dapat dirumuskan sebagai kriteria SMART
[6]: Spesifik, terukur (atau setidaknya dievaluasi) prestasi, Dapat
dicapai (Achievable), realistis (mengingat kondisi saat sumber daya
organisasi) dan Waktu yang ditentukan(dibatasi). Evaluasi
(pengukuran) terjadi pada penutupan proyek. Namun seorang pengendali
proyek (Project Control) pada kemajuan proyek harus perlu dilakukan
dengan melakukan monitoring dan evaluasi. Hal ini juga diperhatikan
bahwa metode SMART adalah yang paling baik diterapkan untuk
proyek-proyek inovasi.
Simpelnya manajement proyek telah dirumuskan dalam
POAC(planning,organizing,actuating,controling)
pembahasan sebagai berikut :
1.Planning (perencanaan)
planning adalah merencanakan dengan sistimatis/terstruktur dengan
mempersiapkan s esuatu untuk mencapai tujuan dan target tertentu.
Hal-hal yang harus diketahui pada saat planning :
-
pengamatan
-
permasalahan yang terkait dengan tujuan dan sumber daya yang tersedia
-
mengartikan program-program kegiatan yang jelas
-
target waktu
2.organizing (pengorganisasian)
yang dimaksud organizing adalah sekelompok orang yang mengatur suatu kegiatan guna mencapai tujuan.
Dalam fungsi organizing, koordinasi merupakan mekanisme hubungan
struktural maupun fungsional yang secara konsisten harus dijalankan. Koordinasi dapat dilakukan melalui mekanisme :
a.koordinasi vertikal (menggambarkan fungsi komando),
a.koordinasi vertikal (menggambarkan fungsi komando),
b.koordinasi horizontal (menggambarkan interaksi satu level); dan
c.koordinasi diagonal (menggambarkan interaksi berbeda level tapi di luar fungsi komando).
3.actuating (penggerakan)
dalam penggerakan ini sekelompok orang yang tergabung dalam suatu organisasi dan telah merencanakan,tibalah saatnya untuk mengimplementasikan atau kata lain pelaksanaan
4.controling (pengendalian)
setelah tahap ke-3 atau actuating tadi,adalah tahap controling dimana pada bagian ini harus melakukan pantauan atau pengecekan terhadap manajement proyek yang telah dikerjakan dan sudah berjalan.
Ruang lingkup kegiatan controlling mencakup pengawasan atas
seluruh aspek pelaksanaan rencana, antara lain adalah:
seluruh aspek pelaksanaan rencana, antara lain adalah:
1.Produk pekerjaan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif
2.Seluruh sumber-sumber daya yang digunakan (manusia, uang ,
peralatan, bahan)
peralatan, bahan)
3.Prosedur dan cara kerjanya
4.Kebijaksanaan teknis yang diambil selama proses pencapaian
sasaran.
sasaran.
catatan : Controlling harus bersifat obyektif dan harus dapat menemukan fakta-
fakta tentang pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan berbagai
faktor yang mempengaruhinya. Rujukan untuk menilainya adalah
memperbandingkan antara rencana dan pelaksanaan, untuk
memahami kemungkinan terjadinya penyimpangan.
fakta tentang pelaksanaan pekerjaan di lapangan dan berbagai
faktor yang mempengaruhinya. Rujukan untuk menilainya adalah
memperbandingkan antara rencana dan pelaksanaan, untuk
memahami kemungkinan terjadinya penyimpangan.
E. Kesimpulan
dengan adanya pembekalan dini tentang management dan kerja profesional ini,bisa membantu kita,akan gambaran masa depan
F. Referensi
- https://id.wikipedia.org/wiki/Profesional
sekian dulu artikel yang saya post ini,kurang lebihnya mohon maaf trimakasih telah membaca artikel ini.....
wassalamualaikum....................
EmoticonEmoticon