Installation Debian Server Jessie 8.6

Assalamualaikum...........................

hari ini saya akan membagi tutorial bagaimana instalasi debian server khususnya jessie 8.6.

A.Pengertian

Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel Linux merupakan distribusi Linux yang popmuler dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.

B. Latar Belakang

banyak os server yang prbayar,itu bisa mematahkan semangat orang yang akan belajar server,dengan debian semua orang bisa menggunakan dengan gratis

C. Tujuan Penginstalan

dapat membangun server sendiri dengan os Debian Server Jessie 8.6

D. Alat dan Bahan

-iso Debian Server Jessie 8.6
-space yang cukup untuk server
-ip untuk server dan gateway

E. Jangka Waktu Pelaksanaan

waktu yang diperlukan untuk penginstalan sekitar 1 1/2 jam



F. Proses instalasi

sebelumnya saya sudah membuat vlan dan vm pada posttingan sebelumnya bisa dilihat di sini.
oke selanjutnya proses instalasi :
1.buka proxmox dan start server kita.


2.terdapat 2 pilihan dengan mode install dan mode graphical install.jika memilih install tampilan bermode CLI(Command Line Interfaec).jika memilih Graphical install tampilan bermode GUI(graphical User Interface).saya pilih Install.


2.pilih bahasa,saya menggunakan bahasa internasional " English".



 3.sesuaikan dengan lokasi kalian berada,karena saya berada di indonesia ,saya memilih other > Asia > Indonesia.




4.configure locales kita pilih defauld-nya united states.


5.konfigure the keyboard,pilih America English.


6.tunggu,ini akan memakan waktu sedikit lama.


7.karena tidak DHCP SERVER maka configurasi jaringan harus dilakukan secara manual.pilih continue.


8.pilih configure network manually


9.pada kolom ini kalian diminta untuk memasukkan ip yang telah kalian buat di Vlan MikroTIk (klik untuk ke link),pastikan sudah satu jaringan /subnet dengan Vlan yang kalian buat sebelumnya.


10.masukkan gateway Vlan-nya,biasanya sudah terisi secara otomatis.


11.masukkan juga name server dns,biasanya sudah otomatis.


12.hostname isiskan sesuai hati anda.

13.domain name,terserah juga.

14.masukkan password

15.masukkan kembali passwordnya.

16.masukkan nama user


17.masukkan juga username for your accoount


18.masukkan password baru



19.masukkan kembali password


20.sesuaikan dengan tempat lokasi kalian berada saya memilih western karena saya berada di jawa.


21.tunggu hingga selesai.


22.ada beberapa pilihan pada partisi harddisk,jika anda memilih Manual anda dapat mempartisi hdd sesuai keinginan kalian.jika anda memilih partisi hdd secara otomatis anda dapat memilih no.1 dan 2,kalo saya menggunakan Guide-use entire disk and set up LVM.


23.pilih hdd yang ingin di partisi (jika terdapat 2 hdd)


24.pilih all files in one partition.


25.pilih yes


26.pilih Finish partitioning and write changes to disk.


27.pilih yes


28.tunggu prosesnya



29.scan another cd or dvd.karena kita tidak memakai  cd atau dvd pilih no.


30.use a network mirror.saya memilih no.


31.tunggu proses configure apt-nya,sedikit lama



32.disini kita ditampilkan untuk memilih buat apa debia-nya,karena saya menggunakan debian sebagai server,saya hanya pilih SSH Server dan standart system utilities.


33.pada instal groub loader pilih yes.


34.pilih hdd yang akan digunakan untuk group loader nanti.


35.selesai proses instalasinya.


36.ditampilkan group loadernya.


37.selesai login dan password yang telah kalian setting.

G.Referensi

wikipedia.org 

sampai disini dulu.mohon maaf jika terdapat kesalahan.trimakasih.

wassalamualaikum.............................
Previous
Next Post »

Kontributor